Daftar Harga Ikan RTC Predator, Ikan Hias Jenis Omnivora

RTC (Red Tail Catfish) merupakan ikan hias predator yang hidup di air tawar dan bisa besar dengan sangat cepat. Bahkan panjangnya bisa sampai 1 meter dengan berat 80 kg. Lalu berapa harga ikan RTC?

Simak untuk mengetahui kehidupan ikan RTC lebih dekat beserta sifat, bentuk fisik sampai jenis ikan RTC dan harganya.

Bentuk Fisik dan Sifat Ikan RTC (Red Tail Catfish)

harga Ikan RTC (Red Tail Catfish) 4
Gambar Ikan RTC (Red Tail Catfish) Photo By 1.bp.blogspot

Ikan RTC adalah salah satu spesies ikan lele yang paling menarik. Hadir sebagai anggota famili Pimelodidae, ikan ini memiliki ekor berwarna merah indah dan perut berwarna putih. Ikan ini memiliki kumis yang panjang, 2 di atas mulut dan 4 di bawah mulut di mana kumis tersebut berfungsi sebagai indra penciuman.

Yang menarik dari ikan ini adalah warna ekornya yang akan semakin cantik ketika tumbuh besar. Daya tarik lainnya yaitu bentuk kepala yang lucu menggemaskan serta berukuran besar dan lebar, bahkan ada yang berpola batik.

Jadi, bukan tanpa alasan mengapa harga ikan RTC platinum bisa sampai belasan juta rupiah.

Berbicara karakteristiknya, ikan hias predator ini lebih suka berdiam diri di dasar air lalu bersembunyi di antara batang kayu dan bebatuan. Apalagi jika semakin dewasa, maka akan cenderung pasif alias jarang bergerak.

Apabila ingin melihatnya bergerak aktif, lihatlah di malam hari saat mereka sedang mencari makan.

Baca juga  Harga Ikan Peacock Bass dan Jenis-Jenisnya

Untuk usia, jangan khawatir kalau suatu saat Anda akan merasa kehilangan setelah merawatnya dengan baik. Karena ikan RTC memiliki umur yang cukup panjang, bahkan bisa hidup sampai 20 tahun di alam.

Habitat Alami Ikan RTC dan Makanannya

Gambar Ikan RTC (Red Tail Catfish)
Gambar Ikan RTC (Red Tail Catfish) Photo by Petlink

Ikan lele ekor merah ini berasal dari perairan lembah sungai Essequibo, Orinoco, dan Amazon di Amerika Selatan. Mereka bisa hidup di danau dengan arus yang tenang maupun di sungai yang arusnya deras.

Jika Anda ingin memelihara ikan hias predator ini, Anda bisa mulai dari yang kecil, harga ikan RTC baby lebih murah dan mudah pemeliharaanya. Anda bisa meletakkannya di akuarium dan memberinya makanan seperti:

  • Cacing beku,
  • Udang, dan
  • Ikan yang lebih dari baby RTC.

Berikan setiap hari sebelum akhirnya ikan RTC tumbuh dewasa dan mulai makan daging-dagingan. Jika sudah fase tersebut, ikan RTC hanya membutuhkan makan 1 kali seminggu dalam porsi besar.

Akan tetapi, sebaiknya hindari jenis daging dari mamalia, seperti jantung sapi atau ayam. Karena mengandung lipid yang tidak dapat dimetabolisme dengan baik oleh ikan. Tidak hanya itu, jenis daging tersebut juga mengandung banyak lemak yang berisiko menyebabkan penimbunan lemak serta degenerasi organ.

Jika ingin memberikan pelet, gunakan pelet karnivora yang tenggelam karena ikan ini banyak berdiam di dasar.

Bahkan ikan RTC tidak pernah pilih-pilih makanan. Mereka bisa melahap apapun yang pas di mulut walaupun itu bukan makanan. Tidak peduli itu bagian dari dekorasi akuarium maupun batu, pada dasarnya apa saja yang lepas.

Baca juga  Harga Ikan Sidat, Ikan Ekspor Bernilai Ekonomi Tinggi

Melalui makanan, Anda bisa membangun komunikasi yang baik dengan ikan RTC Anda. Perlahan Anda bisa mengajak mereka untuk makan makanan dari tangan Anda.

Kapan Memberi Makan Ikan RTC?

Setelah menghabiskan beberapa waktu bersama ikan RTC, Anda akan memahami kebiasaannya. Dengan begitu Anda akan belajar kapan waktu terbaik untuk makan dan kapan Anda harus berhenti memberi makanan.

Untuk menghindari ikan makan berlebihan, ketahui bahwa ikan mulai bergerak lambat saat mencerna makanannya. Saat itu, hentikan memberi pakan karena tubuh ikan sedang mencerna makanan dengan benar.

Bagaimana Memelihara Ikan RTC (Red Tail Catfish)?

Ikan RTC (Red Tail Catfish) 2
Gambar Ikan RTC (Red Tail Catfish) Photo by Pui-IkanHias

Saat Anda berniat memelihara ikan RTC, artinya Anda berkomitmen menyediakan semua kebutuhan ikan supaya hidup sehat dan bahagia. Jika Anda menjalankan komitmen dengan baik, maka ikan RTC akan menjadi pemandangan yang unik dan indah di rumah Anda.

Meskipun tergolong ikan predator yang tangguh dan bertubuh besar, namun ikan RTC sangat menyukai kebersihan. Ikan ini sangat rentan terhadap penyakit. Akan tetapi jika Anda merawat akuarium dengan baik, maka penyakit tidak lagi menjadi masalah besar.

Anda hanya perlu memastikan bahwa ikan RTC Anda hidup di lingkungan yang tepat. Jadi, selalu perhatikan kondisi air.

Untuk suhu, ikan RTC akan merasa nyaman antara suhu 20 dan 26 derajat celcius dengan PH air antara 6,0 dan 7,5, namun lebih ideal di bawah 7.

Sementara untuk oksigen, sepertinya bukan hal yang terlalu penting bagi kehidupan ikan RTC. Karena ikan ini sangat kuat dan tidak membutuhkan terlalu banyak oksigen.

Baca juga  Harga Ikan Betok Emas, Ciri-Ciri dan Cara Merawatnya

Jadi, jika Anda belum memiliki aerator, tidak masalah, Anda bisa membeli ikan RTC terlebih dahulu. 

Dengan demikian maka secara otomatis Anda juga mencegah ikan tertular penyakit dan tidak mudah stres.

Maka dari itu, selalu berhati-hati dengan apa yang Anda masukkan ke dalam akuarium. Karena baik itu tumbuhan, dekorasi maupun ikan lain bisa menjadi sarang bakteri yang berbahaya.

Namun, berapa harga ikan RTC?

Harga Ikan RTC (Red Tail Catfish)

Gambar Ikan RTC (Red Tail Catfish)
Gambar Ikan RTC (Red Tail Catfish) Photo by Azgardens

Meskipun tergolong ikan predator yang mudah besar, namun ikan hias RTC memiliki banyak sekali peminat. Kini sangat mudah menemukan ikan RTC, bahkan Anda bisa membelinya secara online.

Untuk mengetahui lebih detail harga ikan RTC kecil sampai dewasa dan yang jenis platinum, lihat daftarnya di bawah ini.

Daftar harga ikan RTC berdasarkan jenis dan ukurannya. 

Jenis Ikan RTC (Red Tail Catfish)UkuranHarga
Ikan RTC Baby6-11 cmRp25000 – Rp40000
Ikan RTC30cmRp825.500
RTC Shortbody8-9cmRp600.000
RTC Shortbody Perfect10-13cmRp950.000 – Rp1.250.000
Ikan Catfish TSN Tiger Sholve Nose13-15cmRp31.000
RTC Platinum Grade AA55cmRp17.500.000
Daftar Harga Ikan RTC

Tidak heran jika harga ikan RTC cukup mahal di pasaran, karena sebagai ikan hias, ikan RTC predator memiliki bentuk yang sangat menarik, terlebih jika sudah dewasa.

Tinggalkan komentar

You cannot copy content of this page