Harga Ikan Betok Emas, Ciri-Ciri dan Cara Merawatnya

Ikan betik, atau yang populer dengan sebutan betok, merupakan salah satu jenis ikan air tawar dan payau. Baru-baru ini masyarakat dikejutkan dengan ditawarkannya harga ikan betok emas di internet.

Perlu Anda ketahui, harga ikan betok emas hias sendiri tergolong murah meriah. Namun baru-baru ini, hadirnya betik emas tersebut membuat banyak orang aneh sekaligus takjub.

Ciri-Ciri Ikan Betok Emas

Harga Ikan Betok
Harga Ikan Betok – Gambar Ikan Betok Hias Photo by Tokopedia

Umumnya ikan betok tawar ini memiliki warna hitam hingga hijau pucat. Sedangkan untuk panjangnya bisa mencapai sekitar 25 cm. Harga ikan betok emas juga berbeda-beda tergantung ukurannya. 

Hewan yang satu ini biasanya suka hidup di dasar perairan tropis yang tersebar di Asia. Bahkan penyebaran hewan ini mulai dari India hingga garis Wallace dan China.

Selain hitam dan hijau, ternyata ada juga varietas warna unik seperti kuning dan emas. Dua warna tersebut tergolong langka, terutama untuk jenis warna emas. 

Berbeda dengan betok pada umumnya yang sering diolah menjadi masakan, varietas emas dan kuning umumnya dijadikan sebagai ikan hias. Harga ikan betok emas hias juga tergolong beda. 

Harga Ikan Betok Emas Terbaru

Harga Ikan Betok Emas
Harga Ikan Betok Emas – Anasbas Testudineus – Photo by www.nationalgeographic.org

Perlu Anda ketahui, sampai saat ini kami masih belum mendapatkan Harga ikan betok emas yang pasti untuk varietas ini. Karena ikan hias ini tergolong langka dan sangat sulit didapatkan.

Akan tetapi, kami sudah coba telusuri berapa perkiraan harganya. Berikut kami sudah merangkum jenis-jenis dan harga ikan betok emas hias di bawah ini.

NomorJenisHarga
1.       Ikan Betok KuningRp29.000
2.       Ikan Betok Kuning AlbinoRp25.000
3.       Betok Ekor Kuning LautRp16.000
4.       Ikan Betok Hias BiasaRp20.000
5.       Betok Jae JaeRp10.000
6.       Ikan Betok EmasRp100.000
Tabel Harga Ikan Betok Hias

Di atas adalah daftar harga untuk varietas yang bisa Anda pelihara sebagai hiasan. Sedangkan untuk diolah menjadi makanan, biasanya hadir dalam penawaran harga ikan betok emas 1 kg yang tergolong lebih murah.

Sedangkan harga ikan betok emas di Jawa, maupun daerah lainnya masih tergolong langka. Harganya pun bisa berbeda-beda, namun sejauh ini masih ditawarkan pada harga ratusan ribu rupiah saja.

Untuk yang ingin membeli ikan betok terbesar, kami menyarankan untuk memilih ikan kiloan saja. Biasanya harganya lebih murah, terutama jika akan Anda manfaatkan untuk olahan makanan.

Tips Merawat Ikan Betok Hias

Harga Ikan Betok
Harga Ikan Betok Emas – Gambar Ikan Betok Hias Photo by Rimba Kita

Pada dasarnya tidak sulit untuk merawat jenis ikan yang satu ini. Pasalnya, proses perawatannya sama seperti ikan hias pada umumnya. 

Baca juga  7 Varietas dan Harga Ikan Arwana Golden Terbaru

Selain memaparkan harga ikan betok emas, berikut kami juga sudah merangkum beberapa tips yang bisa Anda implementasikan untuk merawatnya.

Memastikan Kondisi Akuarium

Harga Ikan Betok Emas - Akuarium - Photo by AbdElmomen Kadhim on Pexels
Harga Ikan Betok Emas – Akuarium – Photo by AbdElmomen Kadhim on Pexels

Ada beberapa aspek yang kami maksud “kondisi” di sini. Aspek-aspeknya mulai dari membersihkan akuarium menggunakan klorin, dibersihkan, kemudian dikeringkan.

Namun tidak cukup sampai di situ saja. Anda juga harus memperhatikan kebersihannya dan membersihkannya secara berkala setiap satu minggu sekali.

Proses pembersihan akuarium harus melalui tahapan yang tepat. Mulai dari pengurasan, pembersihan dinding-dindingnya hingga bagian dasarnya menggunakan spon halus.

Membantu Ikan Agar Bisa Beradaptasi

Harga Ikan Betok Emas
Harga Ikan Betok Emas Lucu – Anasbas Testudineus – Photo by www.nationalgeographic.org

Adaptasi pada ikan yang baru dipelihara dikenal dengan istilah aklimatisasi. Tujuannya agar hewan tersebut bisa beradaptasi dengan lingkungan baru.

Lakukan proses aklimatisasi selama 30 menit untuk betok yang akan Anda pelihara. Letakkan pada kantong plastik yang berisi air akuarium yang sudah Anda siapkan. Setelah didiamkan selama 30 menit, buka kantong plastik kemudian masukkan secara perlahan ke dalam akuarium.

Memperhatikan Kualitas Air Sebelum Memelihara

Harga Ikan Betok Emas - Air Bersih dan Segar - Photo by Victor Freitas on Pexels
Harga Ikan Betok Emas – Air Bersih dan Segar – Photo by Victor Freitas on Pexels

Menjaga kualitas air sangat penting sekali sebelum memelihara ikan betok. Alangkah baiknya Anda mengendapkan air selama 3 hari berturut-turut sebelum betok dimasukkan.

Untuk menjaga kualitas air Anda bisa melakukan proses penyiponan. Lakukan proses ini setiap hari. Selain itu, ganti juga airnya sebanyak 30 hingga 50 persen setiap seminggu sekali.

Mempersiapkan Alat Pendukung Perawatan

Harga Ikan Betok Emas - Alat Akuarium - Photo by Skylar Kang on Pexels
Harga Ikan Betok Emas – Alat Akuarium – Photo by Skylar Kang on Pexels

Jangan lupa juga untuk membeli berbagai alat pendukung untuk merawat ikan betok emas Anda. Beberapa peralatan yang perlu Anda siapkan seperti filter, saringan, spon halus dan lainnya.

Bersihkan juga batu aerasi yang ada pada akuarium dengan cara disikat secara bersih dan dijemur. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian filter secara rutin.

Mengecek Tingkat Keasaman Oksigen

Harga Ikan Betok Emas - Air Akuarium - Photo by Pixabay on Pexels
Harga Ikan Betok Emas – Oksigen dalam Air – Photo by Pixabay on Pexels

Anda juga bisa menyiapkan sejumlah peralatan-peralatan untuk perawatan standar. Misalnya seperti alat untuk mengecek tingkat keasaman atau pH oksigen.

Jika tingkat pH pada akuarium cukup, maka ikan betok hias yang Anda pelihara akan merasa nyaman. Hal ini juga sangat penting untuk menjaga daya tahan hewan peliharaan Anda tersebut.

Untuk mendapatkan nilai pH yang sempurna, Anda bisa menggunakan aerator. Selain itu juga bisa menggunakan heater. Hal ini juga berlaku untuk ikan betok terbesar.

Memilih Pakan yang Tepat

Harga Ikan Betok Emas - Memberi makan ikan - Photo by Leonardo Santos on Pexels
Harga Ikan Betok Emas – Memberi makan ikan – Photo by Leonardo Santos on Pexels

Pastikan Anda memilih jenis makanan yang cocok untuk hewan peliharaan Anda tersebut. Untuk makanan, Anda bisa mengacu pada habitatnya atau kebiasaan mereka saat berburu di habitatnya.

Betik merupakan ikan yang suka dengan makanan seperti kiambang, ikan-ikan kecil, udang renik, gulma titik, kiapu dan hewan kecil lainnya. Untuk yang sulit menemukan pakan yang sesuai, Anda bisa memilih pakan jentik yang bisa dibeli di toko-toko pakan dan ikan hias.

Selain survey harga ikan betok emas, Anda juga harus survey pakan yang tepat. Selain itu, pastikan juga Anda memberi makan dalam porsi yang sesuai. 

Baca juga  Daftar Harga Ikan RTC Predator, Ikan Hias Jenis Omnivora

Usahakan untuk tidak memberinya terlalu makan berlebihan karena bisa menyebabkan air pada akuarium cepat kotor.

Pakan yang terlalu banyak juga dapat berdampak buruk pada penurunan kualitas air. Maka dari itu, ambil pakan secukupnya saja. 

Itulah informasi seputar harga ikan betok emas dan tips merawatnya. Sebagai informasi, betok emas merupakan ikan yang langka. Anda membutuhkan effort yang lebih besar untuk mendapatkannya.

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Baca juga  Pedoman Menulis di Balena.id

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page