Harga Ikan Toman Hijau Terbaru (2022) dan Cara Memeliharanya

Toman merupakan salah satu spesies ikan gabus yang cukup populer di kalangan kolektor ikan hias. Bentuknya yang unik sekaligus garang menjadi daya tarik tersendiri. Nah, di ulasan ini kami akan membahas kisaran harga ikan toman hijau dan cara perawatannya.

Karena termasuk dalam jenis predator, mungkin beberapa kolektor ikan pemula menganggap bahwa perawatan ikan jenis ini akan sulit. Beberapa dari mereka juga mungkin membayangkan harga toman hijau yang selangit. Daripada hanya membayangkan dan bertanya-tanya, mari simak ulasan ini sampai selesai.

Ikan Toman Hijau, Spesies Channa Langka dari Kalimantan

Ikan Toman Hijau - Harga Ikan Toman Hijau - Pict by Trans7 on Twitter
Ikan Toman Hijau – Harga Ikan Toman Hijau – Pict by Trans7 on Twitter

Sebenarnya, toman adalah salah satu jenis ikan gabus yang berasal dari Indonesia. Tepatnya dari sungai dan danau yang ada di Kalimantan, Sumatera, dan beberapa pulau kecil di sekitarnya.

Secara umum, ikan toman sebenarnya termasuk jenis ikan konsumsi yang diperjualbelikan oleh masyarakat di Indonesia, terutama di daerah asalnya. Namun, beberapa spesiesnya yang memiliki bentuk unik justru menjadi primadona para kolektor ikan hias. 

Salah satu jenis ikan toman yang banyak diincar para pecinta ikan hias yaitu ikan green toman yang kita bahas saat ini. Sama seperti kebanyakan ikan toman lainnya, ikan green toman atau toman hijau ini juga bisa tumbuh besar. Beberapa di antaranya bahkan bisa tumbuh hingga satu meter. 

Ciri-Ciri Ikan Toman Warna Hijau

Ikan Toman Hijau - Harga Ikan Toman Hijau - Pict by Ical O Fish on Google
Ikan Toman Hijau – Harga Ikan Toman Hijau – Pict by Ical O Fish on Google

Layaknya ikan gabus, ikan toman memiliki ciri fisik berupa tubuh yang memanjang seperti torpedo, terutama pada bagian kepalanya. Bentuk mulutnya ini besar dengan gigi taring yang cenderung tajam. Di bagian ekor, ikan toman memiliki bentuk yang membulat dengan sirip kecil. 

Umumnya, ikan toman memiliki warna yang bisa berubah-ubah sesuai umurnya. Ketika masih anakan, ikan toman cenderung berwarna kemerahan. Warna tubuhnya akan berubah menjadi warna hitam kebiru-biruan atau hijau untuk jenis green toman.

Ikan toman hijau sendiri punya julukan sebagai ikan posesif. Meskipun jenis ikan predator, ikan toman hanya akan menyerang ketika hidupnya benar-benar terusik atau ketika anak-anaknya terancam. 

Makanan Ikan Toman Hijau

Sesuai jenisnya, ikan toman adalah ikan predator yang suka makan daging, seperti ikan-ikan kecil, serangga, atau bahkan katak. Meski begitu, ikan toman hijau masih tetap bisa beradaptasi dengan pakan ikan biasa. 

Nah,  toman kecil dan dewasa sebaiknya Anda beri pakan yang berbeda. Untuk anakan ikan Toman, Anda bisa memberinya pakan  seperti:

  • Cacing darah,
  • Udang cincang,
  • Cacing tanah kecil, dan lain-lain.
Baca juga  Jenis Ikan Koi Blitar Kualitas Super & Harga Terbaru (2022)

Sedangkan untuk toman hijau dewasa, beberapa jenis makanan yang bisa Anda berikan meliputi:

  • Kerang,
  • Potongan daging ikan,
  • Udang,
  • Katak,
  • Serangga, dan beberapa jenis lainnya.

Uniknya, Anda tidak perlu memberi makan ikan toman setiap hari, tetapi cukup 2-3 kali dalam satu minggu. Yang harus benar-benar Anda perhatikan adalah jenis daging yang akan Anda berikan. 

Sebaiknya jangan berikan jenis daging unggas ataupun mamalia, seperti daging ayam dan jantung sapi. Sebab, ikan toman tidak memiliki metabolisme dan pencernaan yang baik untuk jenis  daging-daging tersebut.

Cara Memelihara Ikan Toman Hijau

Meskipun Toman termasuk ikan predator, ternyata cara memeliharanya tidak terlalu kompleks dan merepotkan. Dari segi kebutuhan aksesoris penunjang, Anda tidak perlu mempersiapkannya secara lengkap atau perfect. 

Bahkan, Anda tidak perlu menambahkan aksesoris aerator di akuarium. Meski demikian, aerator tetap akan Anda perlukan apabila Anda ingin menjadikan ikan toman lebih sehat dan jauh dari penyakit.

Ikan toman ini bisa Anda pelihara baik di kolam maupun di dalam akuarium. Sebaiknya pelihara ikan toman kecil di akuarium. Namun, ketika ikan toman beranjak dewasa, pindahkan ke tempat yang lebih luas seperti kolam. Sebab, ikan toman bisa tumbuh mencapai 1 meter lebih. 

Akuarium biasa mungkin bukan tempat yang cocok untuk pertumbuhannya. Terkecuali jika Anda memiliki akuarium berukuran besar dua hingga tiga kali lipat ukuran ikan toman.

Bisakah ikan toman hijau berbagi tempat dengan ikan lain? Jawabannya bisa iya bisa tidak, tergantung seberapa besar ukuran ikan tersebut. 

Jika Anda akan menggabungkan ikan toman dengan spesies ikan kecil, maka siap-siap saja ikan kecil tersebut akan menjadi santapan untuk ikan toman. Kecuali jika Anda memelihara spesifik ikan lain yang ukurannya setara atau lebih besar dari ikan toman yang saat ini Anda pelihara. 

Harga Ikan Toman Hijau

Jumlah toman hijau cenderung lebih sedikit daripada jenis lainnya. Oleh karena itu, tidak heran jika harga ikan toman hijau bisa mencapai hingga jutaan rupiah. 

Namun, tidak semua jenis ikan toman hijau punya harga selangit. Berikut adalah tabel harga ikan toman hijau dari beberapa situs e-commerce, mulai dari Shopee, Tokopedia, sampai Lazada. 

NamaUkuran Harga
Toman Hijau20 cm Rp200.000
Ikan predator tawar Toman Hijau 17-20 cmRp125.000
Ikan Gabus Toman 20-25 cmRp85.000
Tabel Harga Ikan Toman Hijau

Meskipun warna ikan toman hijau tidak se-colorfull jenis ikan hias lainnya, ikan toman tetap menjadi salah satu opsi ikan hias terbaik. Ikan toman hijau memiliki bentuk yang cenderung unik dan proses perawatannya juga tidak terlalu sulit.

Harga ikan toman hijau memang relatif lebih tinggi karena kelangkaannya di alam. Bahkan, harga ikan toman termahal dengan grade tertentu bisa mencapai jutaan rupiah. Namun, Anda tak perlu khawatir karena anda tetap bisa membeli toman hijau ukuran 17 cm mulai dari Rp125.000.

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Baca juga  Ikan Sapu-sapu Albino, Brushmouth Cantik dari Amerika

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page