Harga Ikan Gindara Per Kg dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Ikan gindara (Lepidocybium flavobrunneum) merupakan spesies ikan dalam keluarga Gempylidae yang biasa dijual sebagai ikan konsumsi. Karena ikan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Mengingat manfaatnya yang besar, tidak heran jika harga ikan gindara cukup tinggi, tapi tidak semahal ikan salmon.

Namun dibalik manfaatnya yang luar biasa, ikan ini juga bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Meskipun tidak serius atau menyebabkan kematian, tapi akan terasa tidak menyenangkan.

Baca untuk mengetahui lebih banyak tentang ikan gindara, sampai manfaat dan harganya.

Ikan Gindara, Karnivora di Sepanjang Pulau Indo-Pasifik

Ikan Gindara Adalah - Ikan Gindara - Photo by The Kitchn on Pinterest
Gambar Ikan Gindara – Ikan Gindara – Photo by The Kitchn on Pinterest

Ikan gindara adalah ikan besar dengan sisik berwarna gelap, sirip pendek di punggung, dan hampir sama seperti spesies tuna. Semakin dewasa usia ikan, maka warna sisik akan semakin gelap bahkan hampir hitam.

Habitat ikan ini yaitu di perairan tropis, subtropis, dan sedang. Meluas di Samudra Atlantik hingga sekitar Afrika serta melintasi Australia dan Malaysia.

Untuk itu sangat mudah menemukan ikan gindara di sepanjang pulau Indo-Pasifik.

Tempat tinggalnya juga berdasarkan waktu. Ketika siang hari, ikan ini akan pergi ke perairan dalam sehingga lebih dekat ke dasar. Sementara di malam hari, mereka akan mulai mencari makan dan naik ke permukaan.

Biasanya, penangkapan ikan ini terjadi ketika nelayan menangkap ikan tuna.

Apa makanan ikan gindara?

Sebagai karnivora, mangsa utamanya yaitu, cumi-cumi, krustasea, dan ikan kecil.

Manfaat Ikan Gindara Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Gindara - Ikan Gindara - Photo by The Kitchen on Pinterest
Manfaat Ikan Gindara – Ikan Gindara – Photo by The Kitchen on Pinterest

Ikan gindara disebut juga sebagai ‘tuna putih’ karena memiliki daging yang putih cemerlang dengan tekstur satin dan kaya. 

Rasanya yang lezat dan khas, ternyata memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh, di antaranya:

1. Cara Terbaik Menurunkan Kolesterol dan Tekanan Darah

Kolesterol adalah musuh yang sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan serangan jantung dan penyakit stroke. Untuk itu Anda bisa memanfaatkan ikan gindara untuk melarutkan kadar kolesterol berlebih dalam tubuh.

Bahkan, rutin dengan mengonsumsi ikan ini juga bisa mencegah penyakit tersebut berulang. Karena mengandung omega 9 yang sangat baik untuk meningkatkan kesehatan jantung sekaligus mengurangi risikonya.

Lebih dari itu, asam lemak omega 9 juga dapat melancarkan sistem peredaran darah dan mengurangi penyumbatan. Jika pembuluh darah lancar, maka bisa mencegah penyakit stroke.

Baca juga  Karakteristik Ikan Koki Panda, Jenis dan Harga Terbaru

2. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Sangat baik memberikan ikan gindara kepada anak yang dalam masa pertumbuhan. Karena kandungan omega 3 yang ada pada ikan ini penting untuk perkembangan dan kecerdasan otak.

Meningkatkan kemampuan berpikir dan kinerja otak supaya berjalan optimal dan kemampuan berpikir bisa maksimal.

3. Menyembuhkan Demam Berdarah

Ikan escolar mengandung nutrisi yang mampu meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh. Akibatnya, dapat mempercepat proses penyembuhan bagi penderita demam berdarah termasuk tifus.

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kandungan minyak ikan gindara berperan penting dalam membentuk sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian maka akan sangat membantu tubuh melawan berbagai penyakit supaya tetap sehat.

5. Kaya Protein

Termasuk jenis ikan yang memiliki sumber protein tinggi. Maka mengonsumsi ikan gindara adalah solusi terbaik jika Anda membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi.

Karena kekurangan protein bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Sementara ketika kebutuhan protein tubuh terpenuhi, maka sel dan organ tubuh dapat berfungsi dengan baik dan Anda bisa hidup lebih sehat.

Efek Samping Makan Ikan Gindara

Efek Samping Ikan Gindara - Ikan Gindara - Ahdhia Store on Bukalapak
Efek Samping Ikan Gindara – Ikan Gindara – Ahdhia Store on Bukalapak

Ikan gindara biasa diolah menjadi berbagai jenis kuliner mulai dari hidangan rumahan sampai restoran.

Akan tetapi, meskipun memiliki rasa yang lezat, ikan gindara juga bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Bahkan di beberapa negara seperti Italia dan Jepang, dilarang mengonsumsi ikan gindara sekaligus memperjualbelikannya. Hal ini sudah dilakukan pemerintah Jepang sejak tahun 1977.

Apa efek samping ikan gindara?

Ternyata, meskipun ikan gindara memiliki sensasi rasa mentega dan kaya manfaat, tapi memiliki efek pencahar. Sehingga tidak disarankan untuk konsumsi yang berlebihan. Selain diare, ikan ini juga bisa menyebabkan sakit perut, muntah, kram, dan mual.

Mengapa? Karena mengandung ester lilin yang tidak dapat dicerna oleh ikan, sehingga menumpuk di kulit, jaringan otot, dan bagian tubuh lainnya.

Namun jika dikonsumsi dengan bijak, ikan gindara mampu memberikan banyak manfaat terutama bagi kesehatan.

Harga Ikan Gindara Per Kg

Ikan gindara lebih banyak dijual tanpa tulang dan kulit, meskipun ada pula yang menjual ikan gindara utuh per ekor.

Daftar harga harga ikan gindara per kg:

Jenis Ikan GindaraUkuranHarga
Gindara Fillet Frozen Boneless1 kgRp77.000 – Rp100.000
Frozen Fish Premium Boneless1 kgRp80.000 – Rp126.800
Gindara Fillet Plus Kulit1 kgRp60.000 – Rp70.000
Ikan Gindara Utuh1 kgRp70.000
Tetelan Ikan Gindara1 kgRp25.000
Tabel Harga Ikan Gindara

Tidak heran jika di pasaran harga ikan gindara lebih tinggi dari ikan konsumsi pada umumnya. Karena ikan ini memberikan banyak manfaat yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh manusia.

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Baca juga  Jenis Ikan Koi Slayer yang Menarik, Termahal dan Terbesar

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page