Ikan Killifish si Mungil Cantik yang Eksotis

Sedang mencari rekomendasi pengisi akuarium? Jika Anda tergolong penyuka ikan dengan tampilan eksotis, cobalah memilih ikan Killifish ini. meskipun mini, tetapi warna-warninya sungguh menarik, bahkan mencolok.

Sepupu dari ikan guppy dan molly ini memang lebih menyukai pakan hidup. Di antaranya adalah jentik-jentik, cacing darah beku, hingga artemia. Sebenarnya killifish bisa hidup dengan ikan lain, tetapi beberapa jenis memiliki perbedaan kebutuhan suhu air dan pH.

Jenis-Jenis Ikan Killifish yang Populer Di Indonesia

Ada berbagai jenis ikan killifish bercorak indah ini. Namun, beberapa memang lebih populer di kalangan pehobi. Di antaranya adalah:

1. Ikan Killifish Guetheri Red

Ikan killifish red - Ikan Killifish - Photo by Canva
Killifish Red – Ikan Killifish – Photo by Canva

Banyak orang lebih mengenal ikan killifish ini dengan sebutan Redtail Notho. Masuk dalam golongan Nothobranchius, maka, umumnya terdapat di lubang berisi air, sungai, maupun rawa-rawa. Di daerah asalnya, yaitu Afrika, ikan ini banyak terdapat di kolam yang dangkal.

Nyatanya, beberapa genangan air tersebut bisa mengalami kekeringan. Lantas bagaimana ikan killifish ini bisa bertahan? Jenis Nothobranchius termasuk killifish yang memendam telurnya di dalam tanah. Bahkan kedalamannya mencapai dua hingga tiga sentimeter.

Dengan demikian, ketika musim kemarau dan kolam tersebut mengering, telur ikan killifish ini akan aman. Sementara induk ikan mati karena tidak ada air, calon penerusnya tetap bertahan dalam lumpur. Nantinya, telur-telur tersebut akan menetas setelah hujan turun.

Hebatnya, telur akan tetap bertahan hingga beberapa bulan, bahkan setahun. Cara inilah yang membuat spesies tersebut tidak punah saat kemarau. Adapun ciri-ciri Guentheri Red (Nothobranchius Guentheri) adalah:

  • Karena tidak memerlukan suhu dingin, ikan ini masih bisa Anda pelihara dalam sebuah akuarium bersama ikan lain.
  • Jenis jantan memiliki warna sangat cerah dengan dominasi biru, merah, dan emas. Terdapat garis hitam pada ujung ekor. Adapun betinanya memiliki warna lebih lembut.
  • Tergolong ikan killifish annual, sehingga menyukai air yang bersifat hard alkaline dan kondisi keasaman lebih lembut.
  • Biasanya bertahan hingga umur 1-2 tahun.

2. Rachovii Killifish

Rachovii Killifish - Ikan Killifish - Photo by Canva
Rachovii Killifish – Ikan Killifish – Photo by Canva

Selanjutnya adalah ikan killifish yang sering mendapat julukan Bluefin Notho. Masih tergolong dalam Nothobranchius, berarti ekosistemnya pun sama, yaitu rawa, kolam kecil, serta parit. Jika menambahkannya pada akuarium komunitas, Rachovii Killifish memberikan warna menarik.

Adapun ciri-cirinya adalah:

  • Jenis jantan memiliki warna dominasi merah dan biru yang mencolok.
  • Bagian ekor berwarna biru dengan corak merah dan garis hitam sebagai penegas.
  • Jenis betina hadir dengan warna dan corak yang lebih lembut.
  • Mampu beradaptasi dan tidak terlalu rewel.

3. Ikan Golden Lyretail Killifish

Ikan Lyretail killifish - Ikan Killifish - Photo by Canva
Lyretail Killifish – Ikan Killifish – Photo by Canva

Berikutnya masih jenis killifish yang berasal dari Afrika. Sering terdapat di kubangan air, rawa, dan sungai. Kendati demikian, Golden Lyretail ini bukan jenis annual. Jadi, mereka tidak menguburkan telurnya, melainkan meletakkan di akar tanaman mengapung, maupun lumut.

Baca juga  Harga Ikan Pbass Mono, Predator Cantik Menyerupai Manusia

Karakteristik ikan ini adalah:

  • Warna jenis jantan sangat cerah dan mencolok dengan kombinasi orange dan kuning.
  • Bagian sirip punggung dan sirip anak memiliki garis tegas berwarna hitam. Hal ini membuatnya mudah menarik perhatian.
  • Sama dengan killifish lainnya, ikan betina memiliki warna lebih lembut dan minim corak.
  • Anda bisa memelihara jenis ikan killifish ini berpasangan di akuarium yang sama. Di samping itu, ikan tersebut mampu bercampur dengan jenis ikan lainnya.
  • Telur ikan akan menetas setelah 12 hingga 14 hari.
  • Mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi air dalam akuarium, tetapi lebih suka keasaman yang lebih lembut.
  • Akan lebih menyukai aquarium tanam.

4. Jordanella Floridae (American Flagfish)

Ikan Floridae killifish - Ikan Killifish - Photo by Canva
Floridae killifish – Ikan Killifish – Photo by Canva

Nama uniknya berasal dari coraknya yang menyerupai bendera Amerika dengan titik dan garis merah serta biru. Ikan yang berasal dari Florida Utara ini bisa Anda dapati pada kolam dan rawa. Karakteristiknya adalah:

  • Termasuk jenis omnivora yang kadang agresif. Ikan-ikan ini bisa memakan life food seperti cacing beku atau crustacea. Namun, juga sangat menyukai alga atau tanaman air berdaun lembut.
  • Jika membandingkannya dengan jenis jantan, betinanya kurang memiliki corak pada tubuhnya, tetapi biasanya lebih gemuk.
  • Warna ikan jantan lebih mencolok serta seolah menyala dalam gelap, karena sangat cerah.
  • Menyukai air yang bersuhu dingin, yaitu 19 hingga 250 celcius. Apabila suhu akuarium lebih dari range itu, bisa jadi ikan tersebut cepat mati.

Harga Ikan Killifish

Tertarik memelihara ikan ini? Berikut adalah harganya.

No.Nama SpesiesUkuranHarga
1.Killifish Guentheri Red4-5 cmRp19.000
2.Rachovii Killifish4-5 cmRp450.000
3.Golden Lyretail150 grRp15.000
4.Jordanella Floridae4-4 cmRp40.000
Tabel Harga Ikan Killifish

Harga ikan killifish  memang beragam. Jadi, ada baiknya untuk pemula memilih yang sesuai dengan anggaran saja. Nanti jika sudah terbiasa memeliharanya, bisa membeli telurnya untuk Anda kembangbiakkan sendiri. Ini bisa menjadi awal baik untuk memulai bisnis.

Ikan killifish ini tidak terlalu rewel, asalkan mengetahui ciri masing-masing jenis. Oleh karena warna-warninya memberi efek menarik pada sebuah akuarium, sehingga komunitas tersebut lebih memesona. Untuk informasi tentang ikan lainnya, Anda bisa mengunjungi website Balena.

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Baca juga  Lezat dan Bergizi, Inilah Harga Ikan Salmon 1 Ekor

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page