3 Tips Merawat Ikan Koi Anakan Agar Tumbuh Menawan

Ingin memelihara ikan koi anakan? Perlu terlebih dahulu mengenal dengan baik jenis serta karakteristiknya. Banyak orang menyukai coraknya yang kadang berwarna merah maupun keperakan.

Tidak hanya itu saja, beberapa orang menyukai ikan koi anakan ini karena menganggapnya mendatangkan keberuntungan. Apapun alasannya, koi memang memberikan rasa senang ketika memperhatikan tingkah lakunya.

Tips Merawat Ikan Koi Anakan

Ikan Koi - Ikan Koi Anakan - Photo by Canva
Ikan Koi – Ikan Koi Anakan – Photo by Canva

Selanjutnya, Anda juga perlu mengetahui tips merawat ikan koi anakan. Pasalnya, tanpa perawatan yang tepat, pertumbuhannya lambat atau warnanya menjadi kusam. Adapun tips tersebut adalah:

1. Memperhatikan ukuran kolam

Tips pertama adalah memastikan bahwa ikan koi anakan harus tetap bisa berenang bebas. Jika kolam terlalu kecil atau terlalu banyak ikannya, bisa jadi menghambat perkembangannya.

2. Memastikan Kolam Selalu Bersih

Hindari membiarkan kolam hingga keruh, pasalnya ini akan mengurangi ketersediaan oksigen. Akibatnya, ikan koi anakan akan mengalami kesulitan bernapas, sehingga bisa mengakibatkan kematian.

Gunakan filter untuk menyaring kotoran. Jika perlu, pasang pompa oksigen. Di samping itu, lakukan penggantian air secara rutin. Namun jangan mengganti semuanya, setidaknya sisakan 30%, sehingga ikan mudah beradaptasi.

3. Berikan Pakan Buatan Berkualitas

Anda bisa memberikan pangan berupa pelet pada ikan koi anakan. Namun, perhatikan ukurannya. Jika terlalu besar, akan membuat sulit untuk mengonsumsinya. Ada lagi tips, yaitu dengan merendamnya menggunakan air kolam selama satu menit.

Tujuan perendaman ini untuk membuat pelet mengembang dan lunak. Di samping itu, memastikan pakan tidak mengembang di usus ikan yang bisa membuatnya sakit, bahkan hingga mati kekenyangan.

4. Pastikan Ikan koi Anakan Mendapatkan Asupan Protein Yang Cukup

Selain pelet, Anda juga bisa menambahkan makanan hidup. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka mendapatkan asupan protein sesuai kebutuhan. Adapun beberapa jenis pakan hidup yang bisa Anda berikan adalah:

  • Serangga
  • Larva
  • Cacing
  • Alga
  • Udang
  • Plankton

Pemberian pakan hidup ini juga harus dalam porsi yang tepat. Hindari memberikannya terlalu sering atau dalam jumlah kebanyakan. Ini akan memengaruhi kualitas air kolam.

Baca juga  Ikan Koi Slayer Platinum, Elegan dengan Sirip Panjang

Jangan lupa, secara berkala, berikan makanan khusus yang formulasinya bisa mencerahkan warna ikan koi anakan tersebut. Dengan demikian, mereka akan tumbuh besar dengan tampilan yang menarik.

5. Tips Pemberian Makan

Selanjutnya, ketika akan memberikan makan bagi ikan koi anakan, pastikan hanya menaburkannya di satu tempat yang sama. Ini akan memudahkan Anda dalam memantau apakah ikan dalam kondisi baik atau tidak.

Jika ikan terlihat selalu menyendiri dan enggan makan, bisa jadi ia mengalami stress atau sakit. Cobalah untuk memisahkannya dari ikan lain. Tujuannya tidak hanya mencegah penularan, melainkan juga memudahkan Anda melakukan pengobatan.

6. Periksa Suhu Kolam Secara Rutin

Ternyata, temperatur air juga memengaruhi aktivitas dan metabolisme ikan. Apabila suhu menurun, ikan menjadi enggan bergerak dan metabolismenya melambat. Hal ini bisa mengakibatkan ikan koi anakan menjadi enggan makan.

Dalam kondisi tersebut, ada baiknya mengurangi pemberian pakan, sehingga tidak membusuk dan mencemari kolam. Sebaliknya pada temperatur air yang lebih tinggi, akan meningkatkan metabolisme ikan, sehingga membutuhkan pakan lebih banyak.

Di samping suhu, Anda juga harus mengetahui usia ikan. Pasalnya, hal itu juga memengaruhi porsi pemberian pakan. Jangan lupa menanyakan umurnya kepada penjual, sehingga tahu berapa banyak makanan ikan-ikan tersebut.

Harga Ikan Koi Anakan

Pertama, ketahui dahulu harganya. Jadi, ketika akan membeli anak koi untuk Anda kembang biakkan, bisa membuat rencana kebutuhan dananya. Adapun ikan koi anakan ini umumnya dijual dengan harga:

No.JenisBeratHarga
1.Sanke100 gramRp9.000
2.Showa1 kg/paketRp850.000
3.Showa F1200 gramRp10.000
4.Doitsu F1750 gramRp1.370.000/6 ekor
5.Showa Hitsuri Shiro500 gramRp377.000
Tabel Harga Ikan Koi Anakan

Harga Bibit Ikan Koi

Bibit merupakan sebutan untuk ikan koi anakan yang umumnya mencapai ukuran lima hingga delapan cm. Adapun kisaran harganya adalah:

No.JenisUkuranHarga
1.Line Konishi8 cmRp500.000/paket
2.Showa, Kohaku, Tancho3 – 5 cmRp87.000/35 ekor
3.Kohaku3 – 8 cmRp15.000
4.Benigoi X Chagoi1-5 cmRp100.000/50 ekor
Tabel Harga Bibit Ikan Koi

Harga Benih Ikan Koi

Berbeda dengan bibit, benih ikan koi anakan memang lebih kecil. Kriterianya adalah berusia empat sampai sembilan hari setelah menetas. Umumnya, orang menyebutnya burayak. Adapun kisaran harganya adalah:

No.JenisHarga
1.Kohaku SankeRp350.000/1000 ekor
2.Koi BlitarRp5.000/paket
3.Showa Shiro UtsuriRp500.000/1500 ekor
Tabel Harga Benih Ikan Koi

Harga Bibit Ikan Koi Jepang

Koi merupakan ikan khas yang berasal dari Jepang. Namun, kini pembiakan tidak hanya di Negara itu saja. Indonesia pun memiliki banyak pembudidaya. Berikut ini adalah daftar harga koi berukuran 10 cm.

Baca juga  Ikan Patin Albino, Ikan Hias yang Bisa Berukuran Jumbo
NamaHarga
Koi AsagiRp35.000/ekor
TanchoRp50.000/ekor
Shiro UtsuriRp30.000/ekor
Hi UtsuriRp25.000/ekor
ShurusuiRp40.000/ekor
MatsubaRp35.000/ekor
Tabel Harga Bibit Ikan Koi Jepang

Perawatan ikan koi anakan memang gampang-gampang susah. Oleh karena itu, Anda harus teliti dan tekun dalam melakukannya. Namun dengan keseriusan dalam memeliharanya, tentu akan menghasilkan kualitas dan bercorak cantik.

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

Baca juga  Jenis Ikan Koi Platinum dan Harga Terbaru (2022)

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page