Harga Ikan Louhan Kamfa, Berkepala Besar dan Lucu

Louhan merupakan sebuah spesies ikan peliharaan yang sudah populer sekali di dunia ikan hias. Ikan louhan ini punya tipe yang cukup beragam. Satu diantara jenis ikan tersebut adalah ikan louhan kamfa. 

Ikan ini sempat jadi buruan banyak orang saat beberapa tahun belakangan. Sampai saat ini, jenis louhan ini pun tetap menarik perhatian penghobi ikan hias. Karena punya fisik yang tidak biasa serta pola dan warna yang cantik, wajar bila ikan ini disukai oleh banyak orang.

Pada artikel ini, kami akan membahas lebih lanjut mengenai ikan tersebut beserta dengan harganya. Jadi, pastikan untuk Anda membaca artikel ini sampai selesai, oke?

Mengenal Ciri dan Habitat Ikan Louhan

Louhan Kamfa - Ikan Louhan Kamfa - Photo by ongch23 on Instagram
Louhan Kamfa – Ikan Louhan Kamfa – Photo by ongch23 on Instagram

Sebelum membahas lebih jauh mengenai louhan kamfa, ada baiknya kita mengenal ikan louhan ini secara umum terlebih dahulu.

Kalau menurut pengelompokan ilmiahnya, ikan yang satu ini termasuk ke dalam Cichlid. Tidak cuma terkenal sebagai ikan louhan, di luar negeri, ikan ini juga punya sebutan lain dengan nama flowerhorn. 

Bentuk fisik dari ikan yang satu ini sangat mudah untuk Anda kenali tentunya. Yaitu dengan melihat adanya benjolan yang ada pada bagian atas kepala berisi lemak. Kemudian, pembeda lain yang jadi bentuk khas louhan adalah badannya yang terlihat pipih, atau malah hampir seperti kotak dengan sudut yang membulat.

Ikan louhan mulanya terkenal sekali di Asia Tenggara. Negara yang kerap melakukan pembiakan saat masa awal popularitasnya adalah Malaysia. Lambat laun, permintaan maupun minat orang-orang terhadap louhan pun menyebar ke berbagai negara Asia, Amerika, dan bahkan negara-negara di Eropa.

Jenis Ikan Louhan Kamfa

Jenis dari ikan louhan ini memang tergolong banyak. Semua jenis ini punya keunikan tersendiri entah itu dari warna, pola atau corak tubuh, maupun dari bentuk kepalanya. Nah, dari sekian banyak jenis tersebut, salah satu yang cukup menarik dan kerap jadi incaran banyak orang adalah louhan kamfa.

Lalu, apa saja yang membedakan tipe louhan kamfa dengan tipe louhan lain? Ciri khusus utama yang bisa Anda ketahui yaitu dengan melihat warna  dan pola tubuh.

Ikan louhan dengan jenis kamfa ini punya warna merah menyala pada badannya. Di tengah badannya, terdapat aksen warna hitam yang memanjang pada bagian tengah di sisi kiri dan kanan tubuhnya. 

Kemudian untuk pola badannya terdapat warna bercak-bercak putih di yang menyebar di sekujur tubuhnya. Namun, ada pula kamfa yang tak punya bercak.

Baca juga  Ikan Koi Kumpay Slayer, Paduan Keunikan Warna Ikan Koi

Di pasaran, louhan kamfa ini biasanya kerap dijual sesuai dengan kelasnya masing-masing. Pembagian kelas tersebut biasanya terdiri atas F1, F2, atau F3. Selanjutnya, mari bahas lebih lanjut masing-masing mengenai kelas tersebut.

1. Ikan Louhan Kamfa F1

Louhan Kamfa F1 - Ikan Louhan Kamfa - Photo by ongch23 on Instagram
Louhan Kamfa F1 – Ikan Louhan Kamfa – Photo by ongch23 on Instagram

Huruf F dari jenis kamfa ini memiliki arti “Filial” atau garis generasi/keturunan

Sebetulnya, kamfa ini bukan jenis murni, melainkan hasil kawin silang antara ikan synspilum dengan lohan. 

Kalau tipe F1 adalah tipe kamfa yang berasal dari dua kamfa yang tak punya hubungan kerabat/bukan saudara keturunan.

Jenis kamfa F1 ini merupakan kamfa klasik. Biasanya, jenis F1 kerap diikutkan kontes. Kamfa F1 ini juga sangat sulit ditemui di marketplace. Kebanyakan, para pedagang menjual burayak saja, atau bibit ikan dengan umur 0-3 bulan.

2. Ikan Louhan Kamfa F2

Louhan Kamfa F2 - Ikan Louhan Kamfa - Photo by jeha_flowerhorn
Louhan Kamfa F2 – Ikan Louhan Kamfa – Photo by jeha_flowerhorn

Kalau kamfa F2 merupakan buah perkawinan antara kamfa F1 yang punya hubungan kerabat atau sedarah. Bisa juga antara kamfa F1 dengan tipe louhan yang lain. Hasil dari persilangan ini biasanya memunculkan mutiara atau corak lebih besar.

3. Ikan Louhan Kamfa F3

Louhan Kamfa F3 - Ikan Louhan Kamfa - Photo by aldino29 on Instagram
Louhan Kamfa F3 – Ikan Louhan Kamfa – Photo by aldino29 on Instagram

Kamfa 3 adalah hasil pembuahan F1 dengan F2 maupun F2 ke louhan tipe lain. Persilangan ini kurang lebih punya maksud seperti jenis F2, yaitu supaya louhan punya motif bagus.

Harga Ikan Louhan Kamfa

Selanjutnya, ini pasti pembahasan yang sudah Anda tunggu-tunggu, yaitu berapakah harga ikan louhan kamfa ini?

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, ikan louhan ini sangat terkenal di kalangan pecinta ikan hias sebagai pengisi akuarium. Nah, karena popularitasnya ditambah dengan keunikannya, harga jual ikan louhan di pasaran memang tergolong cukup tinggi.

Apalagi kalau jenis louhan kamfa, tipe ikan louhan yang konon katanya menjadi buruan banyak penghobi ikan. Tetapi harga yang agak mahal ini sangat sesuai dengan apa yang Anda dapatkan. Dimana tubuhnya ini berwarna merah terang dengan motif yang mencolok.  Pastinya sangat cantik bisa melihatnya berenang di akuarium.

Nah, seperti ikan hias kebanyakan, harga ini juga ditentukan dari besar kecilnya ukuran ikan. Kalau Anda ingin harga yang lebih murah, maka kemungkinan ikan yang Anda dapatkan pastinya berukuran kecil. Selain itu, penentuan mahal tidaknya harga ini juga diperoleh dari kualitas warna dan motif ikan itu sendiri.

Berikut kami sudah menyediakan daftar harga dari louhan tipe kamfa ini yang kami pantau dari marketplace lokal. Kami juga sudah memberikan tabel untuk ukuran dan harganya masing-masing supaya Anda bisa mendapatkan gambaran harga. Berikut adalah tabel harga dari ikan louhan kamfa tersebut :

JenisUkuranHarga (Terendah)
Louhan Kamfa F12 cmRp15.400
Louhan Kamfa F23 cmRp69.000
5-8 cmRp99.000
10-11 cmRp400.000
Louhan Kamfa F34 cmRp41.000
7-8 cmRp99.000
Tabel Harga Ikan Louhan Kamfa

Setelah mengetahui jenis dan harga ikan louhan kamfa, sekarang apakah Anda tertarik memelihara ikan ini?

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Baca juga  Harga Ikan Toman Hijau Terbaru (2022) dan Cara Memeliharanya

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page