Ikan Ninety Nine, Ikan Hias untuk Penggemar Monokrom

Ikan ninety nine ialah ikan hias air tawar yang masuk dalam daftar spesies cichlid Afrika Barat. Di Indonesia sendiri, tidak sedikit yang menyebut namanya sebagai ikan Tilapia Buttikoferi atau Zebra Tilapia.

Penyebutan nama tersebut tidak terlepas dari warnanya yang memang bercorak garis hitam dan putih, mirip seperti hewan zebra. Pada habitat aslinya, ikan zebra tilapia biasa hidup di sungai-sungai besar atau danau.

Karakteristik Ikan Tilapia Buttikoferi

Karakter Tilapia Buttikoferi - Ikan Ninety Nine - Photo by Canva
Karakter Tilapia Buttikoferi – Ikan Ninety Nine – Photo by Canva

Zebra tilapia ialah ikan yang tergolong cerdas, karena ia mampu mendeteksi dan mengikuti pergerakan dari luar aquarium, termasuk gerakan tangan. Selain itu, ikan ini juga dapat menggali batu kecil di dasar kolam dan menumpuknya seperti bukit.

Tingkah-tingkah lucu inilah yang membuat para penggemar ikan hias merasa tertarik untuk memeliharanya di rumah. Namun seiring dengan pertumbuhannya, tingkah dari ikan ninety nine justru semakin agresif.

Dia senang mengejar ikan dengan size lebih kecil, bahkan dalam beberapa kondisi tidak segan-segan untuk mematikannya. Jika Anda tetap ingin menyatukannya dengan ikan jenis lain, pilihlah akuarium dengan ukuran besar.

Solusi lainnya adalah dengan memelihara beberapa ikan ninety nine secara sekaligus. Berdasarkan pengakuan para pemelihara, konon sifat keagresifan ikan akan berkurang saat bersama-sama dengan sejenisnya.

Jenis Ikan Ninety Nine

Jenis Ikan Ninety Nine - Ikan Ninety Nine - Photo by Canva
Jenis Ikan Ninety Nine – Ikan Ninety Nine – Photo by Canva

Size ikan ninety nine dewasa dapat mencapai 25 sampai 30 centimeter untuk usia 5 – 10 tahun. Maka dari itu, pastikan Anda mempersiapkan akuarium yang cukup besar, apabila ingin memeliharanya dalam jangka waktu lama.

Hanya saja, untuk membedakan ikan yang jantan atau betina terbilang agak susah, apalagi saat masih kecil-kecil. Menurut informasi dari berbagai sumber, berikut beberapa poin untuk membedakan kedua jenis ikan tersebut:

1. Ukuran atau Size Ikan Ninety Nine

Cara pertama untuk membedakannya adalah melalui ukuran ikan, dimana sang jantan mempunyai size yang lebih besar. Begitu juga sebaliknya, ikan betina mempunyai body yang mungil atau kecil.

2. Warna

Jika mungkin umumnya ikan betina lebih menarik, lain hal dengan ikan ninety nine. Justru sang jantanlah yang corak warna hitam serta putihnya tampak lebih terang dan menarik, daripada sang betina.

3. Motif

Perbedaan terakhir terdapat pada motif atau corak di bagian bawah perut ikan. Ikan ninety nine betina mempunyai warna pelangi pada bagian perut, sementara sang jantan tidak ada.

Baca juga  7 Varietas dan Harga Ikan Arwana Golden Terbaru

Apabila masih merasa kesulitan untuk mencari perbedaannya, tunggulah sampai mereka tumbuh dewasa. Tentu saja, lama-kelamaan perut pada ikan betina akan membesar karena menyimpan telur, mirip seperti ikan nila.

Cara Memelihara Ikan Ninety Nine Pada Akuarium

Tak jauh berbeda dari ikan hias yang lainnya, zebra tilapia juga dapat Anda rawat pada akuarium biasa. Tidaklah butuh persiapan yang muluk-muluk, cukup melakukan beberapa langkah berikut:

Siapkan sebuah akuarium dengan ukuran minimal 100 x 50 x 50 centimeter atau yang menampung air sebanyak 40 liter. Pastikan volume tersebut maksimal ¾ dari ukuran akuarium, jangan terlalu penuh

  • Isi dengan air yang telah mengendap semalaman atau 1×24 jam. Perhatikan pH air, idealnya berada di kisaran 5 sampai 7. Seandainya air terlalu asam, tambahkan larutan basa agar pH berubah menjadi netral
  • Bersihkan seluruh bagian aquarium dengan air mengalir, termasuk bagian dalamnya
  • Tambahkan bebatuan kecil pada dasar kolam
  • Agar tampak seperti habitat aslinya di alam liar, masukkan beberapa jenis tanaman air ke dalam aquarium
  • Berikan filter atau saringan khusus, agar akuarium selalu bersih dan ikan dapat hidup dengan nyaman

Selain beberapa hal di atas, pastikan Anda turut memerhatikan suhu air, agar tetap hangat atau 25 derajat celcius. Kondisi suhu berkaitan dengan masa reproduksi ikan, dimana suhu yang hangat akan mempercepat proses tersebut.

Ingat, jangan memindahkan benih ikan ninety nine ke aquarium secara langsung, tetapi berikan kesempatan untuk adaptasi terlebih dahulu. Setelah ikan tampak nyaman dan terbiasa, baru pindahkan ke akuarium secara hati-hati.

Pakan Ikan Ninety Nine

Berdasarkan penjabaran di atas, maka memelihara ikan ninety nine cukup mudah. Sebab, ikan juga tidak terlalu rewel atau pilah-pilih, terutama soal makanan. Anda dapat memberi pakan khusus ikan hias (pellet), seperti yang tersedia di toko-toko.

Namun apabila ingin menambahkan nutrisi, Anda dapat memberikan daphnia, cacing sutera, udang, maupun ikan-ikan kecil. Kemudahan inilah yang menarik minat para pecinta ikan hias untuk memeliharanya.

Harga Ikan Ninety Nine

Berbicara mengenai budidaya ikan ninety nine tentu tidak terlepas dari modal awal, terutama dari segi pengadaan bibit. Sebagai bahan referensi, berikut daftar harga ikan zebra tilapia yang terangkum dari beberapa sumber:

Berat IkanHarga / ekor
25 gramRp 2.500,00
80 gramRp 3.800,00
180 gramRp5.000
250 gramRp6.000
500 gramRp7.500
750 gramRp10.000
Tabel Harga Ikan Ninety Nine

Sekali lagi, daftar di atas berasal dari berbagai sumber, sehingga kemungkinan ada perbedaan harga adalah hal yang lumrah. Satu yang pasti, memelihara ikan ninety nine dan jenis lainnya dapat meminimalisir kejenuhan.

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Baca juga  Ikan Leopard Catfish, Lele Hias Predator Air Tawar

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page