4 Jenis Ikan Parrot Populer, Memikat Hati Para Pehobi

Bagaimana pendapat Anda tentang ikan parrot? Beberapa orang memang merasa terpikat tidak hanya karena bentuknya, melainkan juga warna-warninya. Jika memiliki pendapat yang sama, tidak ada salahnya menambahkan beberapa ekor di akuarium.

Nyatanya, penggemar ikan parrot memang tidak sedikit. Hal ini juga karena sifatnya yang mencintai kedamaian, serta lebih tenang. Jadi, Anda bisa mencampurnya dengan penghuni akuarium lainnya. Lantas apa saja jenis yang populer?

1. Ikan Parrot Biru

Ikan Parrot Biru - Ikan Parrot - Photo by Canva
Ikan Parrot Biru – Ikan Parrot – Photo by Canva

Pertama, jenis yang memiliki blue color memikat. Tidak sedikit orang yang memilih jenis ini, karena memang cukup bagus. Warna biru menawan, tersebar merata di sekujur tubuh ikan ini.

Satu hal yang juga membuat warnanya terlihat kontras adalah karena warna putih pada matanya. Adapun kelebihan lain adalah rahangnya yang lebih besar.

2. Ikan Parrot Kuning

Ikan Parrot Kuning - Ikan Parrot - Photo by Canva
Ikan Parrot Kuning – Ikan Parrot – Photo by Canva

Selanjutnya adalah jenis yang memiliki bentuk sedikit berlainan dengan sesamanya. Hal ini tampak pada punggungnya yang lebih tinggi. Bentuk tersebut justru membuat kepalanya tampak lebih panjang.

Pembeda lainnya tidak hanya warna ikan parrot ini, melainkan juga bentuk matanya yang menonjol. Bagian ekornya juga lebih panjang, begitu juga ukuran siripnya.

3. Ikan Parrot Merah

Ikan Parrot Merah - Ikan Parrot - Photo by Canva
Ikan Parrot Merah – Ikan Parrot – Photo by Canva

Jangan lupakan juga untuk menaruh perhatian pada parrot merah ini. Warna mencoloknya membuat tidak sedikit orang memilihnya sebagai pelengkap akuarium. Uniknya, parrot yang satu ini memiliki usia panjang, yaitu hingga 15 tahun.

4. Ikan Parrot Putih

Ikan Parrot Putih - Ikan Parrot - Photo by Canva
Ikan Parrot Putih – Ikan Parrot – Photo by Canva

Karakteristik tubuh ikan satu ini memang berbeda dari jenis lainnya yang bagian punggungnya cenderung menonjol ke atas. Pada parrot putih, punggungnya lebih datar. Adapun bagian matanya berwarna abu-abu.

Harga Ikan Parrot

Tertarik untuk memelihara jenis ikan mungil aneka warna ini? Tunggu dahulu, lantaran Anda perlu tahu harganya. Berikut ini adalah daftarnya.

No.JenisUkuranHarga
1.Red Parrot Fish6 -7 cmRp55.000/paket
2.Yellow Parrot Fish5 – 6 cmRp50.000/8 ekor
3.Blue Parrot Fish2 cmRp4.000/ekor
4.White Parrot Fish2 cmRp20.000/ekor
Tabel Harga Ikan Parrot

Cara Merawat ikan Parrot

Sudah mulai tertarik untuk merawatnya? Ada baiknya Anda mengetahui cara perawatan yang tepat, sehingga mereka tetap cantik dan awet hidup. Beberapa tips perawatannya adalah:

  • Mempersiapkan ukuran akuarium yang cukup luas, karena ikan ini suka menjelajah setiap sudut.
  • Hindari menempatkan ikan parrot bersama dengan yang agresif, karena mereka tergolong cinta damai. Agresivitas ikan lain akan membuat ikan-ikan itu mengalami stress.
  • Tambahkan dekorasi untuk tempatnya bermain.
  • Bersihkan air secara rutin, karena ikan parrot sangat sensitif terhadap kotoran.
  • Berikan makanan yang bisa memenuhi kebutuhannya dalam porsi sesuai. Pasalnya, kesalahan dalam mencukupi nutrisinya akan mengakibatkan warnanya akan berubah.

Cara Membedakan Ikan Parrot Jantan Dan Betina

Selanjutnya, mungkin Anda ingin mengetahui cara untuk membedakan gendernya. Informasi tersebut bisa jadi sangat berguna jika ingin membudidayakannya. Sayangnya, untuk melihat jenis kelaminnya, tidak mudah.

Baca juga  Ikan Golsom, Ikan Hias Unik dari Perairan Amerika Serikat

Kendati demikian, Anda bisa membedakan ikan parrot jantan dan betina melalui beberapa ciri-ciri. Di antaranya adalah:

  • Salah satu yang membedakan yaitu corak pada sirip anal dan punggungnya. Untuk jenis kelamin betina, umumnya terdapat lingkaran atau pola bulat.
  • Selanjutnya, beralih ke bagian kepala. Pada ikan parrot jantan, terdapat pola pembatas antar punggung dan kepala. Sementara itu, betina tidak memilikinya.
  • Anda juga bisa memperhatikan perilakunya. Pejantan bertugas menyiapkan sarang. Oleh sebab itu, mereka lebih aktif menggali sarang di kerikil atau pasir
  • Sementara itu, sang betina akan mengitari ‘sarang’ tersebut untuk persiapan meletakkan telurnya.
  • Berikutnya, pada persiapan pemijahan, biasanya warna pejantan akan tampak lebih terang.

Makanan Ikan Parrot

Ada dua jenis makanan untuk kakatua berenang ini. Salah satunya adalah pelet pabrikan. Biasanya di pasaran terdapat merek khusus untuk parrot fish. Namun, jika tidak mendapatkannya, bisa mengganti dengan pakan louhan.

Pastikan untuk memberikan dengan porsi sesuai dan tidak berlebihan. Pasalnya, makanan yang tersisa akan menumpuk dan bisa mencemari air akuarium.

Pilihan berikutnya adalah memberikan makanan alami. Biasanya berupa cacing darah, kutu air, cacing sutra, atau udang kecil. Sama seperti pemberian pelet, pastikan bahwa porsinya tidak berlebihan.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah kebersihan akuarium. Sisa makanan yang mencemari air bisa mendatangkan masalah bagi ikan parrot. Jenis ini memang cukup rentan terhadap penyakit, terutama jamur. Jika terinfeksi, mereka akan sakit.

Beberapa penyakit lainnya yang sering ikan mungil ini alami adalah pembusukan pada sirip dan ekor. Di samping itu, juga rentan mengalami white spot.

White spot bisa jadi sangat mengganggu bagi ikan parrot. Hal ini lantaran penyakit tersebut akan membuat mereka merasakan gatal. Anda bisa mengenali penyakit ini dari bintik putih di tubuhnya.

Jika ikan mengalami penyakit tersebut, biasanya akan sering menggosokkan badan ke bebatuan di akuarium. Adapun cara untuk mengatasinya adalah membeli methylene biru di toko ikan. Pastikan menambahkan sesuai takaran, agar tidak membahayakannya.

Baca juga  Daftar Harga Ikan Peda dan Proses Pembuatannya

Bagaimana, sudah siap memelihara ikan mungil aneka warna ini? Pastikan terus menjaga kualitas air akuariumnya, ya.

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Baca juga  Daftar Harga Ikan Oscar Batik dan Jenis Ikan Oscar Lainnya

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page