Ikan Ranchu: Jenis, Harga, dan Cara Merawatnya

Di Indonesia sendiri, keberadaan ikan ranchu mungkin masih terdengar cukup asing. Namun, bagaimana dengan nama ikan hias mas koki? Tentu Anda sudah sangat familiar dan sering melihatnya, bukan?

Usut punya usut, si rancu ini merupakan salah satu varietas terbaru dari mas koki yang berasal dari Jepang. Meski terbilang sangat baru, tetapi varietas ini langsung populer dan merajai klan mas koki.

Mengenal Karakteristik Ikan Ranchu

Ikan ranchu mempunyai karakteristik tubuh yang pendek dan bulat seperti telur dengan bagian perut membuncit imut. Di sini, sirip pada bagian punggung memang absen, sehingga dari segi berenang pun tidak begitu lincah.

Namun, ternyata kekurangan tersebut justru menjadi nilai lebih, karena ikan koki ini akan menonjolkan gumpalan atau benjolan di kepalanya. Fantail atau ekor yang menyerupai bentuk kipas akan menari-nari, saat ikan berenang dengan santai.

Saat berada di dalam aquarium, ikan-ikan koki ranchu akan tampak seperti gerombolan bola yang sedang berenang. Sangat menggemaskan dan pantas menjadi pelepas penat di sela-sela rutinitas harian.

Keindahan semakin tampak nyata dengan keberadaan sisik-sisik berukuran besar dan mencolok, seperti barisan mutiara putih. Apabila tubuhnya terkena cahaya, sirip-sirip itu akan tampak berkilauan.

Warna-warna ranchu memang sangatlah menarik, yakni perpaduan antara putih, hitam, putih, oranye, ataupun merah. Kemampuan hidupnya dapat mencapai 10 tahun dengan panjang tubuh kurang lebih 30 centimeter.

Jenis-Jenis Ikan Ranchu

Bagaimana mulai tertarik untuk menambah koleksi di dalam aquarium dengan varietas ikan mas koki terbaru ini? Kabar gembira, karena tak jauh beda dengan saudara kembarnya, varietas ranchu juga terdiri berbagai jenis, seperti:

1. Ikan Ranchu Buffalo

Ranchu Buffalo - Ikan Ranchu - Photo by Canva
Ranchu Buffalo – Ikan Ranchu – Photo by Canva

Untuk membedakan buffalo dengan varietas lainnya memang terbilang cukup sulit, apalagi dari segi warna memang rata-rata sama saja. Menurut pakar ikan mas koki, perbedaan paling jelas terlihat ada pada bagian moncong yang tampak bertanduk.

Apabila Anda melihatnya dari atas, bentuk body pada buffalo tampak lebih tipis atau pipih dari ikan mas koki yang lain. Bagian belahan-belahan sisiknya juga tampak lebih jelas atau “kereng”.

2. Ikan Ranchu Goldfish

Ranchu Goldfish - Ikan Ranchu - Photo by Canva
Ranchu Goldfish – Ikan Ranchu – Photo by Canva

Jenis ikan ranchu yang satu ini sangat populer, karena sepanjang tubuhnya berwarna keemasan. Varietas tersebut cukup jarang ada, sehingga dari segi harga tergolong lebih tinggi banderolnya.

Baca juga  Daftar Harga Ikan RTC Predator, Ikan Hias Jenis Omnivora

Tenang saja, karena semakin tinggi harga tentu kualitas akan juga lebih baik. Jika terkena cahaya dari luar aquarium, tubuh tersebut akan terlihat seperti menyala. Benar-benar anggun dan elegan, dibandingkan ranchu lainnya.

3. Ikan Ranchu Kirin

Ranchu Kirin - Ikan Ranchu - Photo by Canva
Ranchu Kirin – Ikan Ranchu – Photo by Canva

Dapat dikatakan, ranchu kirin mempunyai kurva tubuh yang sangat bagus (tampak atas dan belakang). Sementara tubuhnya benar-benar montok dengan sisik berukuran besar dan mengkilap.

Ranchu kirin terdiri dari dua warna, yakni hitam agak kebiruan di bagian atas dan oranye kekuningan untuk body bawah. Banderol untuk satu ekor ikan ranchu kirin dewasa dapat menyentuh angka 300 ribuan.

4. Ikan Ranchu Panda

Ranchu Panda - Ikan Ranchu - Photo by Canva
Ranchu Panda – Ikan Ranchu – Photo by Canva

Apa yang terlintas pertama kali dalam pikiran Anda, saat mendengar kata “panda”? Mayoritas orang akan menjawab hewan gemuk dan menggemaskan dengan perpaduan warna hitam serta putih.

Hal sama juga berlaku pada ranchu panda, dimana bagian sisik putihnya juga terdapat corak hitam. Sementara bagian kepala terdapat beberapa versi, ada yang putih bersih maupun ikut bercorak hitam

Cara Merawat Ikan Ranchu

Secara konsep, perawatan ikan mas koki varietas baru ini memang sedikit sulit. Keabsenan sirip tidak hanya berpengaruh pada kemampuan berenang, tetapi juga tempat yang ideal untuk berkembang. Maka dari itu perhatikan beberapa poin berikut:

1. Ruang Hidup

Seandainya Anda ingin memelihara ranchu pada akuarium indoor, sediakan yang berukuran besar atau volume air minimal 250 liter. Pasalnya, ranchu tersebut sangat menyukai tempat yang lebar, sehingga dapat berenang secara leluasa.

2. Kebersihan

Keunikan ranchu bukan hanya dari segi bentuknya saja, tetapi juga perpaduan warna-warnanya. Maka dari itu, senantiasa perhatikan kebersihan aquarium, agar motif tersebut tetap terjaga dengan baik.

3. Pemberian Pakan

Berdasarkan masukan dari para aquarist, pakan tenggelam jauh lebih baik daripada yang mengapung. Tujuannya agar ranchu tidak kebanyakan menelan gelembung udara, saat mengambil pakan di permukaan.

4. Pemilihan Teman

Meskipun ranchu dapat hidup ramai-ramai, tetapi pemilihan teman yang tepat tetap harus Anda lakukan. Ranchu ialah ikan yang kurang gesit dalam berenang, maka jangan berikan teman agresif, karena dapat memicu stres.

Harga Ikan Ranchu

Merujuk beberapa varietas dan keunikannya, wajar jika harga ranchu terus mengalami peningkatan. Sebagai bahan referensi, berikut ini adalah daftar harga ikan ranchu untuk satu ekornya:

Jenis Ikan RanchuUkuranHarga Satuan (Rp)
Buffalo10 cmRp346.000
Goldfish9 cmRp204.000
Kirin13 cmRp450.000
PandaBaby fishRp50.000
Calico8 cmRp129.000
Red-Black10 cmRp190.000
Tiger11 cmRp340.000
Black Solid9 cmRp178.000
Red and White10 cmRp99.000
Golden Black10 cmRp290.000
Tabel Harga Ikan Ranchu

Perbedaan harga di pasaran sangat mungkin terjadi, karena size dan kualitas antar seller tidak selalu sama. Untuk mendapatkan ikan ranchu yang terbaik, Anda dapat membeli yang sudah melalui proses seleksi di seller.

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Baca juga  7 Varietas dan Harga Ikan Arwana Golden Terbaru

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page