Peluang Budidaya Ikan Terapi Garra Rufa, Auto Cuan!

Apakah Anda pernah mendengar tentang terapi menggunakan ikan? Terapi ini sudah ada sejak zaman kerajaan dahulu kala, tetapi baru kembali booming beberapa waktu lalu. Salah satu yang cukup familiar ialah jenis ikan terapi garra rufa.

Konsepnya sama seperti fish spa yang lain, ikan garra rufa akan memakan sel kulit mati pada kaki dan sekitarnya. Keuntungannya kulit dapat berganti lapisan, sehingga menjadi lebih lembut dan elastis.

Ikan Terapi Garra Rufa

Wajar, jika pada akhirnya peminat terapi ikan terus mengalami peningkatan, baik dari usia muda maupun lansia. Anda sendiri pasti juga mendambakan kaki yang terasa lembut, bukan? Lantas, seperti apa bentuk ikan garra rufa itu?

Konon, ikan terapi garra rufa berasal dari Turki dan termasuk dalam kategori family cyprinidae. Ukuran fisiknya juga tidak terlalu besar, yakni sekitar 7.5 sampai 13 centimeter saja.

Bentuk tubuh memanjang silindris, bersisik, dan jika diperhatikan secara saksama dari bawah seperti menyerupai tapal kuda. Hal ini dikarenakan bagian sirip ekor seperti bercagak dan mempunyai sepasang sungut.

Warna bagian tubuh coklat agak kehijau-hijauan, bagian perut tampak kekuningan, sementara pangkal ekornya ada titik-titik kehitaman. Meski kecil, ikan terapi garra rufa ini terbilang cukup gesit dan lincah.

Peluang Budidaya Ikan Untuk Terapi

Ikan Garra Rufa - Ikan Terapi Garra Rufa - Photo by Canva
Ikan Garra Rufa – Ikan Terapi Garra Rufa – Photo by Canva

Alih-alih menjadi konsumen dari terapi ikan, Anda juga dapat memanfaatkan peluang tersebut sebagai kesempatan bisnis. Fakta di lapangan pun menunjukkan, jumlah pembudidaya ikan terapi garra rufa kini terus bertambah.

Umumnya, hanya butuh waktu sekitar 12 bulan untuk menghasilkan ikan terapi garra rufa yang siap jual. Delapan bulan pertama untuk membesarkan bibit dan 4 bulan berikutnya ialah tahap pembesaran anakan.

Anda tidak harus melakukannya di kolam yang luas, budidaya ikan garra rufa juga dapat menggunakan media aquarium. Selain hemat tempat dan biaya, ini juga akan memudahkan Anda untuk memantau perkembangan ikan.

Apabila umumnya ikan berkembang biak secara alami, lain hal dengan ikan terapi garra rufa. Ikan jenis ini harus disuntik hormon terlebih dahulu melalui punggung, agar telurnya menjadi lebih matang.

Satu indukan ikan garra rufa dapat bertelur kurang lebih 200 sampai 300 anakan dengan perkiraan gagal atau mati 15%. Dalam satu aquarium mampu menampung hingga 500an ekor anakan.

Baca juga  Harga Ikan Koi Grade A, Ikan Hias Cantik dari Jepang

Itu baru satu indukan saja, bagaimana jika Anda mempunyai beberapa pasang sekaligus? Tentu pundi-pundi uang akan terus mengalir ke rekening, apalagi ikan ini tergolong cukup produktif.

Menariknya lagi, penggunaan ikan terapi garra rufa hanya boleh sekali saja untuk satu atau dua pelanggan. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit kulit maupun terjadinya infeksi.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan

Dengan kata lain, peluang budidaya ikan garra rufa itu berkesinambungan, selama fish spa masih menjadi primadona. Lagipula, cara untuk budidaya ikan terapi garra rufa tidaklah sesulit bayangan, cukup memerhatikan beberapa poin di bawah ini saja:

1. Kondisi Air

Ikan garra rufa berasal dari perairan air tawar, sehingga Anda dapat menggunakan air dari sumber mana saja. Poin pentingnya ialah air tersebut mempunyai pH 6-8 dan suhu di sekitar angka 28 sampai 30 derajat Celcius.

2. Kolam Pengembangbiakan

Untuk ikan yang sudah berusia 3 atau 4 bulan, pembesarannya dapat berkelompok, yakni sekitar 15-20 ekor. Ukuran kolamnya sendiri hanya sekitar 1.2 x 1.6 x 0.5 meter. Apabila tidak memungkinkan, Anda dapat memanfaatkan akuarium atau kolam terpal.

3. Pakan Ikan Terapi Garra Rufa

Anakan ikan yang baru saja menetas, dapat Anda berikan pakan berupa plankton, sebanyak 2 kali dalam sehari. Sementara itu, untuk ikan yang telah dewasa pakannya lebih variatif lagi.

Selain pelet pf 500 khusus ikan terapi garra rufa, Anda juga boleh memberikannya selingan berupa cacing darah maupun cacing sutra. Pemberian pakan sebaiknya cukup dua kali dalam sehari, jangan kurang maupun berlebihan.

4. Pembersihan

Agar ikan terapi garra rufa dapat tumbuh dengan sehat dan sempurna, tentu saja kebersihan kolam harus benar-benar terjaga. Lakukan penggantian air satu minggu sekali dengan cara menggantinya setengah dari volume kolam.

Meski demikian, pembersihan skala besar (menguras semuanya) tetap perlu dilakukan, tetapi cukup sebulan satu kali saja. Jika ingin lebih mudah, Anda dapat memasang sistem filtrasi atau penyaringan, agar kolam senantiasa bersih.

Harga Ikan Terapi Garra Rufa

Selain modal pakan, tentu Anda juga harus mempersiapkan dana khusus untuk membeli calon indukan yang berkualitas. Berikut ini adalah referensi harga ikan terapi garra rufa yang ada di pasaran:

Ukuran / JumlahHargaKeterangan
2.5 – 3 cmRp750 – Rp1000Per ekor atau satuan
3 – 4 cmRp1500 – Rp2000Per ekor atau satuan
35 ekorRp50.000Partai atau paketan
50 ekorRp75.000Partai atau paketan
2 – 3 cmRp235.000Paket per 100 ekor
4 – 5 cmRp275.000Paket per 100 ekor
2 – 3 cmRp370.000Paket per 150 ekor
Tabel Harga Ikan Terapi Garra Rufa

Tabel di atas merupakan rangkuman dari berbagai sumber, selisih harga karena perbedaan waktu dan tempat tentu biasa terjadi. Namun pada dasarnya, budidaya ikan terapi garra rufa sangatlah cuan!

Tentang Artikel Ini

Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya

Balena ID - balena.id - Photo by Marlon Martinez on Pexels
Balena IDbalena.id – Photo by Marlon Martinez on Pexels

Selamat ya, anda udah berhasil selesai membaca artikel yang kami sajikan di atas. Tentu, perjuangan yang sangat panjang, lama dan melelahkan sekali untuk bisa melahap semua informasi di atas.

Semoga saja, anda bisa mendapatkan informasi yang anda cari, temui, butuh, ingin tahu, investigasi, setelah membaca artikel kami.

Terima kasih karena anda telah mau berkunjung ke website kami ini, dan memberikan kesempatan kepada kami untuk menyajikan dan memberikan informasi yang anda perlukan dari sekian banyak pilihan dari hasil penelusuran Google.

Kami tahu, artikel yang kami buat ini tidak sempurna, masih banyak salahnya dan masih banyak kekurangan nya. Oleh karena itu, kami memerlukan kritik, saran, komentar yang membangun dari para pembaca.

Agar kami bisa meningkatkan kuantitas, kualitas dari artikel – artikel yang kami buat di website – website kami, dan tentu saja bisa selalu improve dari waktu ke waktu. Semua demi kenyamanan para pembaca sekalian.

Saat ini anda telah masuk pada paragraf Yuk, Kunjungi Website Kami Lainnya. Paragraf ini memang kami sengaja buat untuk mempromosikan berbagai website yang masih dalam 1 grup kami, dengan topik dan niche yang berbeda – beda.

Itu semua kami lakukan demi memudahkan masyarakat dalam mencari informasi yang akurat, valid, tepat, nyaman dibaca, sesuai fakta dan informatif.

Selain itu juga sebagai kampanye untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang semakin tahun semakin berkurang , apalagi untuk generasi muda zaman sekarang yang memang lebih doyan dan suka konten dalam bentuk video.

Walaupun begitu, tidak semua informasi bisa disajikan dengan mudah dan lengkap seperti di video, misalkan artikel tutorial, tentukan lebih mudah dalam bentuk tulisan.

Kan sulit ya kalo misal kita mengikuti tutorial melalui video, pause-play, pause-play itu yang kadang bikin penulis kesel. Dari situlah, penulis berpikir pasti masih ada saja masyarakat yang membutuhkan informasi dalam bentuk teks dan gambar.

balanar.id - balanar.id - Photo by Matthew Montrone
Balanar IDbalanar.id – Photo by Matthew Montrone

Berikut beberapa website yang masih dalam 1 grup kami

balena.id, balena.id ini adalah website yang kami memang sengaja buat untuk memberikan informasi tentang harga berbagai hal, produk, benda, hewan, tumbuhan, dan lain sebagainya dalam internet.

Hal ini diawali penulis yang kesulitan untuk mencari informasi Harga Kucing Munchkin, padahal penulis pengen banget lho mengadopsi Kucing Munchkin.

Baca juga  Ikan Killifish si Mungil Cantik yang Eksotis

Cuman kan, informasi ini tidak semua orang tahu, dan ngerti, serta detail – detail lain nya juga masih rahasia, padahal informasi – informasi itu sangat berkaitan dengan Harga Kucing Munchkin itu.

Dari situ, penulis tergerak untuk membangun website ini untuk membantu orang – orang dalam mencari informasi harga – harga tersebut, tapi yang akurat, valid, benar, dan bisa diterima masyarakat.

Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa, website ini akan berubah haluan nya untuk membahas hal lain, tentu saja itu dilakukan setelah melakukan pertimbangan dari berbagai masukan baik dari teman dekat, pacar, maupun orang tua.

Kenapa orang tua juga perlu, ya namanya orang tua juga pengen anaknya nggak kenapa – kenapa, tentu khawatir jika melakukan hal yang melanggar hukum, tentu sedih orang tua kita.

Apalagi semakin hari, semakin tua, dan bisa saja meninggalkan kita kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun.

Soalnya kan, ada tuh sekarang Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang membuat orang lebih aware, lebih waspada, tahu batasan, tahu kondisi, tahu konteks, tahu makna dari konten yang di produksi.

Karena, kembali lagi tidak semua orang bisa menerima, walaupun mungkin Negara Indonesia ini Negara Demokratis, ada yang namanya kebebasan berpendapat, bersuara, mengungkapkan ide, gagasan, dan pendapat.

Tapi tetap, yang namanya hidup, ada beberapa hal yang tidak harus diungkapkan apalagi ke media sosial, ke TikTok, ke Instagram, ke Facebook, ke Internet, apalagi menyangkut SARA, tentu sangat berbahaya, menyinggung banyak orang, khawatirnya berujung kehilangan nyawa.

Ya tahu lah, yang namanya manusia tentu berbeda – beda sifatnya. Kita mewanti – wanti saja, Warning ini tentu dijadikan patokan bagi penulis untuk menulis artikel yang tidak menyinggung SARA, takut ah.

Penulis nggak mau melakukannya, lebih baik penulis membuat artikel dengan tema umum saja, lebih tenang daripada diteror terus sama orang.

Semoga dengan adanya tukar pikiran seperti ini, para pembaca juga lebih bijak dalam menggunakan media sosial dan internet lebih umumnya.

Terus balanar.id, balanar.id ini masih belum diluncurkan oleh penulis, cuman ada sih beberapa ide niche dan topik yang akan ditampilkan dalam website ini.

Cuman penulis, masih belum ada waktu, ditunggu ya, launching websitenya, jangan lupa, stay terus di balena.id

You cannot copy content of this page